StudyClinic | Cara Mudah Membuat Program Vb Net Berbasis database tanpa source code [Praktek] | Contoh Judul Skripsi Teknik Informatika Terbaru dan Terbagus | Menampilkan Postingan Blog Secara Otomatis Ke Dinding Facebook


Home > Metode skripsi TI > Algoritma Huffman dan penggunaannya dalam Kompresi teks

Algoritma Huffman dan penggunaannya dalam Kompresi teks

Penulis : Jemmy Sihombing | February 17th, 2013 |Berikan Komentar | Dibaca : 2,349 kali Orang

Pada artikel sebelumnya, saya udah bahas penggunaan metode LSB (least sicnificant bit), berikut ini adalah pengggunaan metode Hufman dalam Kompressi teks. Artikel ini juga merupakan hasil documentasi Pelatihan Metode Skripsi Minggu kedua yang di bawakan Bapak Azan selaku instruktur pada pelatihan  Penggunaan algoritma Huffman didalam pengkompresan teks. Saya harap jika bapak Azan membaca artikel ini memberikan koreksi, agar tidak ada terjadi kesalahan yang dapat menimbulkan informasi yang tidak akurat.

Apa itu Algoritma Huffman,.??

Pertanyaan Yang wajar bagi seorang yang baru dengar kalimat tersebut. Algoritma Huffman adalah salah satu algoritma yang banyak digunakan dalam kompressi teks, selain algoritma Huffman ada juga algoritma lainnya.Seperti LZHUF, LZ77Dynamic Markov, Run Length Shannon-Fano. Namun untuk saat ini yang akan kita bahas adalah Algoritma Huffman, karena algoritma ini banyak digunakan dan cukup mudah diImplementasikan dalam pengkompressan teks.

Kompresi adalah proses pengubahan sekumpulan data menjadi bentuk kode dengan tujuan untuk menghemat kebutuhan tempat penyimpanan dan waktu untuk transmisi data. Dengan menggunakan metode Huffman, proses pengkompresan teks dilakukan menggunakan prinsip pengkodean, yaitu tiap karakter dikodekan dengan rangkaian bebearapa bit sehingga menghasilkan hasil yang lebih optimal.

Algoritma Huffman termasuk dalam kelas algoeritma yang menggunakan metode static. Metode static adalah metode yang selalu menggunakan peta kode yang sama, metode ini membutuhkan dua fase (two-pass): fase pertama untuk menghitung probabilitas kemunculan tiap symbol dan menentukan peta kodenya, dan fase kedua untuk mengubah pesan menjadi kumpulan kode yang akan ditransmisikan.

Pembentukan metode Huffman.

Kode Huffman pada dasarnya merupakan kode prefix (Prefix code). Kode prefix adalah himpunan yang berisi sekumpulan kode biner, diman pada kode prefix ini tidak ada kode biner yang menjadi awal bagi kode biner lain. Kode biner biasanya direpresentasikan sebagai pohon biner yang diberikan nilai. Untuk cabang kiri diberi nilai 0, dan cabang kanan diberi nilai 1. Rangkaian bit terbentuk pada setiap lintasan dari akar hingga kedaun merupakan kode prefix untuk karakter berpadanan.

Berikut ini langkah-langkah dalam pembentukan pohon Huffman .

  1. Baca semua karakter dalam teks untuk menghitung frekuensi kemunculan setiap karakter. Setiap karakter penyusun teks dinyatakan sebagai pohon bersimpul tunggal. Setiap simpul di Assign dengan frekuensi kemunculan karakter-karakter.
  2. Gabungkan dua buah pohon yang mempunyai frekuensi terkecil pada sebuah akar. Setelah digabungkan akar tersebut akan mempunyai frekuensi yang merupakan jumlah dari frekuensi dua buah pohon-pohon penyusunnya.
  3. Ulang langkah 1 hingga tersisa satu buah pohon Huffman. Agar pemilihan dua pohon yang akan digabungkan berlangsung cepat, maka semua yang ada selalu terurut menaik berdasarkan frekuensi.

Setelah terbentuk satu pohon, berikutnya adalah proses encoding ( menyusung string biner dari teks yang ada ) algoritma Huffman

  1. Tentukan karakter yang akan di encoding
  2. Mulai dari akar, baca setiap bit yang ada pada cabang yang bersesuaian sampai ketemu daun dimaana karakter itu berada.
  3. Ulangi langkah 2 sampai seluruh karakter encoding.

Setelah encoding terbentuk, maka tahap selanjutnya adalah proses decoding ( menyusun kembali data dari string biner menjadi sebuah karakter kembali).Berikut ini tahap decoding suatu string biner dengan membaca pohon Huffman :

  1. Baca sebuah bit dari string biner
  2. Mulai dari akar
  3. Unutuk setiap bit pada langkah 1, lakukan traversal pada cabang yang bersesuaian
  4. Ulangi dari langkah 1 hingga semua bit didalam string habis
  5. Ulangi langkah 1 hingga semua bit didalam string habis.

 

Cukup sekian yang bias saya bahas mengenai penggunaan Metode Huffman dialam implementasi untuk kompressi teks. Untuk contoh dalam pengkompresian teks tidak saya sertakan karena cukup panjang tergantung teks yang akan kita kompres.
Saya sadari artikel ini belumlah lengkap karena ini bersumber dari buku catatan kuliah saya yang diaduk dengan sedikit catatan hasil dokumentasi pelatihan metode skripsi. Jika anda sedang mencari refrensi ataupun ingin mengambil judul mengenai kompresi teks ada satu saran judul dari sini “ Aplikasi kompressi dan enkripsi email dengan algorimtma huffman dan algoritma Vigenere Cipher “ yah saya sih Cuma liat cantiknya judul ini soal pengerjaannya saya masih kurang paham.

Referensi = Google, Catatan Kuliah dan catatan Pelatihan metode skripsi.



Categories: Metode skripsi TITags:
  • algoritma huffman
  • menghitung huffman tree
  • Pengertian huffman
  • perhitungan algoritma huffman
  • pengertian metode huffman
Tinggalkan Jejak dengan Bersilahturahmi memberikan komentar Anda
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
= Jumlahkan dulu ini cuy (1+4)